Korsi Kasta Adat Hulobatu

Mr. VJa
Tubuh kita ini adalah kesatuan berbagai organ yang memiliki masing masing fungsi yang berbeda dan saling mendukung satu sama lain. Mulai dari bagian kaki, tangan, perut sampai dengan kepala, yang apa bila salah satu dari bagian tersebut tidaklah berfungsi maka kinerja bagian yang lain akan terganggu; begitu juga halnya dalam kehidupan bermasyarakat.

Jika di daerah istimewa Jogjakarta di kenal dengan istilah : Keraton, Raden, Ajeng dan lain sebagainya, begitu juga dengan daerah Hulobatu (Pulau pulau Batu Nias Selatan Sumatera Utara) dikenal dengan beberapa istilah :

Golongan Bangsawan :

Ira-sihulu : Terdiri dari para pendiri kampung tersebut atau sesepuh dan turunannya 

Sihulu : Adalah sebutan bagi seseorang yang di angkat jadi pemimpin di kampung tersebut melalui proses musyawarah di antara golongan “ira-sihulu” dengan berbagai pertimbangan. Sihulu ini berperan penting dalam mengambil suatu keputusan, panutan atau penengah apabila terjadi perselisian antar masyarakat.

Si’ila : Adalah beberapa orang yang di pilih seperti prosesi pemilihan Sihulu yang di mana tugas dan fungsinya itu adalah memberi pertimbangan, nasehat, ahli hukum adat. 

Golongan Masyarakat : Disebut sebagai “Sato” atau masyarakat biasa,



Disini kami tegaskan bawah di daerah Pulau pulau Batu, Golongan “Ira-Sihulu” tersebut terbentuk bukan karena telah mengadakan pesta pora yang besar , melainkan dikarenakan mempunyai kemampuan lebih dari segi kebijaksanaan, kepemimpinan dan bisa dijadikan panutan seperti yang kami jelaskan di atas @by Efrin

Posting Komentar

0Komentar
Posting Komentar (0)